Langkah Pertama

Bolehkah aku protes pada diriku sendiri? Aku sejujurnya udah terlalu kesal sama semua kemalasan-kemalasan yang terus aja aku lakukan belakangan ini. Aku pikir penyebab terbesarnya itu karena memang capek kerja. Hhmmmm..
Lima bulan di Jakarta hidup aku bisa dibilang gak sehat, entah itu badan, keuangan, manajemen waktu, sekalipun aku rencanain sedikit-sedikit, tetap aja eksekusinya jelek banget.  I have ever spent IDR 200K for food, in a day, alone, kalau perlu aku sebutin salah satu yang terparah. Awal-awal disini aku masih semangat berangkat kerja jam 9 pagi, lama-lama aku kebiasaan berangkat jam 10 pagi dari kosan padahal masuk kerja jam 10 pagi juga :)) badan gak pernah gerak, di kosan semalaman badan dipake rebahan sama tidur, di kantor seharian badan cuma duduk-duduk gak santai. Aku bersyukur banget masih dikasih rasa jenuh di zona yang sama sekali gak nyaman ini, hahaha. Rasanya gak nyaman banget, tapi mau bangun juga aku males. Ya gitu deh selama beberapa bulan terakhir ini.

Tapi memang empat bulan pertama disini waktu aku tersita banyak sama kerjaan, sampai hampir tiap malam aku bawa kerjaan ke kosan saking banyak banget. Begadang, tidur cuma bisa 3-4 jam, ngulik ini itu buat "Yang penting klien tau fitur ini udah ada dan bisa jalan, bugs urusan belakangan ". Really there were nobody that i could rely on at these depressing days. Ditambah aku masih belum bisa aja bilang "nggak bisa", "nggak mau", ataupun, "nggak deh, makasih" dan mengurangi "iya hayu", "aku ikut aja". Ya aku pusing, bingung, dan ujung-ujungnya lari lagi ke mall, jajan sama beli barang-barang yang sebenernya aku gak butuh banget, tapi aku pengen punya. Sampai akhirnya, tim proyek yang lagi aku kerjain dibentuk ulang karena berbagai alasan dan pertimbangan (lol) dengan anggota dan manajer proyek yang lebih, manusiawi lah kalau aku bilang, dalam hal manajemen task kerjaan dan jam kerjanya. Baru deh dari bulan Desember aku udah bisa sedikit-sedikit perbaikan gizi lagi, banyakin istirahat daripada ngemall, dan juga ngurangin stok jdrama aku yang udah numpuk gak karuan di laptop hahaha. 

Kalau aku hitung-hitung, mungkin udah hampir 2 tahun aku gak pernah olahraga rutin. Pernah sekali dua kali jogging tapi bener-bener cuma semangat yang numpang lewat doang itu tuh. Terakhir aku olahraga rutin ya pas semester 4 kuliah, di matkul olahraga. Habis itu bener-bener udah males sehat aku kayaknya. Parah banget. Tapi seenggaknya pas kuliah makan aku masih kejaga karena ada mama yang masak, aku juga ga terlalu banyak jajan yang aneh-aneh. Nah sekarang, udah jauh dari rumah, masak pun cuma bisa goreng nugget atau sosis sama mie instan, olahraga males, jajanan udah super absurd, jam tidur gak karuan, ditambah ada tekanan tersendiri dari kerjaan. Bener-bener gak nyaman, gak sehat, tapi aku susah buat keluar dari sana. Aku udah pernah berkali-kali niatin mau lari pagi tiap sabtu minggu, rutenya pun cuma muter 3 km lebih, tapi ya itu. Hahaha. 

"Malu lah lari pagi cuma sendiri"— ini bener-bener kuat nempel di otak aku selama beberapa minggu.

"Tapi aku ngemall sendiri, nonton bioskop sendiri, makan diluar sendiri, terus apa yang mesti aku malu kalau lari pagi sendiri?"— akhirnya bisa lebih kuat nempel di otakku, wkwkwk.

Terus aku rencanain mau lari pagi pas Sabtu kemarin (5 Januari 2019), dan kebetulan malem sebelumnya aku gak begadang jadi begitu bangun tidur kepalaku gak pusing. Berat banget. Mau bikin satu langkah keluar kamar kosan buat sesuatu yang literally (maap logat anak jakselnya numpang lewat) bisa bikin aku lebih baik dan sehat aja bener-bener berat banget. Tapi aku akhir-akhir ini udah banyak merenung terutama tentang kesehatan aku sendiri sih. Aku lumayan aware kalau beberapa kebiasaan yang aku lakukan itu emang gak sehat dan aku harus mau berhenti gimanapun juga. Cuma ya itu tadi, aku males. It's quite a stupid reason tbh. Akhirnya aku maksain buat lari pas Sabtu pagi itu, setelah berbagai "ntar abis ini dulu", aku baru mau lari pagi sekitar jam 6.30 pagi. Disini udah terik lo matahari jam segitu. Rute lari pagi cuma dari kosan muter ke daerah yang biasa aku ambil jalan pas pulang kerja, sampai ke kosan lagi. Kurang lebih 3 km lah.

Ternyata lari pagi sendiri biasa aja, ngga ada yang aneh sama sekali. Tapi aku lumayan kaget karena aku cuma kuat lari gak lebih dari sekitar 50an meter :( jadi selama 3 km itu aku lari 50 m, jalan kaki 50 m, gitu aja terus sampai balik lagi ke kosan. Sebegitu parahnya emang. Tapi yang bikin aku lebih kaget itu, badan aku jadi bener-bener ringan, bukan turun berat badan sih, lebih ke beban pegel di badan aku selama berminggu-minggu jadi hilang gitu aja sehabis lari, meskipun kaki aku tetep kram sih hahaha.

Dari situ aku udah niatin seminggu sekali aku mau lari pagi. Aku cuma.. ingin hidup lebih sehat :")


bonus lari pagi
Depan ITC Permata Hijau :D



I am so loving sunrises and sunsets that much, I captured and collect many of them in my phone hahaha.

Comments

Popular posts from this blog

The Night The Zombie Died

BEKRAF Festival 2017