The Night The Zombie Died

Dulu pas aku masih ngejar namatin Detective Conan, di Season 19 ada satu episode yang kasusnya paling memorable sampai sekarang. Episode 582, judulnya "The Night The Zombie Died".

Detective Conan Episode 582, Season 19


Ceritanya, di awal episode itu Kogoro, Ran sama Conan sore-sore datang ke apartemen kliennya Kogoro, komedian yang lagi naik daun. Si komedian ini sebenernya duo gitu, cewek dan cowok. Yang cewek namanya Asako Fujimori, kalau yang cowok Jirou Imaoka. Dan mereka ini pacaran juga. Nah mereka bertiga ini datang ke apartemennya Asako buat ngobrolin tentang kasusnya Asako yang katanya lagi diikutin sama stalker. Begitu mereka sampai di apartemennya Asako, pas pintunya dibuka si Asako ini udah berlumuran darah bajunya. Terus pada kaget kan, Kogoro nanya dia kenapa, katanya ada orang asing masuk ke apartemen dia lewat jendela pake topeng zombie dan bawa pistol. Karena takut dan kaget, dan buat melindungi diri juga, si Asako ini udah nusuk si orang asing tadi pake pisau sampai tewas. Oh iya Asako ini punya penyakit lemah jantung gitu. 





Balik sebentar ke kasus stalker. Jadi Asako bilang dulu dia punya mantan, namanya Numata Keisuke. Mereka ini pernah pacaran dan udah putus sebelum Asako jadi komedian terkenal. Begitu Asako udah terkenal, si Numata ini mendatangi Asako lagi, minta duit lah, dan segala macem sampai mengancam gitu. Tapi Asako gak mau ngasih, nah sejak saat itu kotak surat dia jadi dipenuhi surat yang aneh-aneh, lubang kunci pintu apartemennya banyak bekas disilet-paksa gitu, dan dia jadi ngerasa selalu diikuti sama seseorang tiap malam. Asako minta ke Kogoro buat menyelidiki si Numata Keisuke ini.

Si tersangka stalker Numata Keisuke

Ternyata pas topengnya dibuka sama polisi.........



Orang dibalik topeng zombie itu bukan Numata Keisuke, tapi pacarnya sendiri, si Jirou Imaoka! Kagetlah semua orang disitu, termasuk aku juga yang nonton

Terus manajernya duo komedian itu datang ke apartemennya Asako. Diinterogasi sama polisi, buat nyari motif kenapa si Jirou sampai mau nyelakain Asako. Kata manajernya, Jirou ini ceritanya mau berhenti dari duo komedian sama Asako dan mau bersolo karir. Soalnya Asako katanya udah susah sinkron sama Jirou pas tampil, dan penyakit jantungnya juga udah mulai sering kambuh. Jadi kesal lah si Jirou sama Asako ini, sampe ingin putus pacaran juga. Dan dia bilang ke manajernya mau jadi komedian solo yang pakai topeng-topeng zombie gitu, padahal menurut manajernya itu gak lucu-lucu amat juga lawakannya. Terus ada yang bikin rumor juga kalau si Jirou ini playboy, padahal dia udah punya pacar. Intinya si Jirou pengen pisah banget sama Asako. Dan attitudenya si Jirou kayak arogan dan gak tau terima kasih gitu, soalnya yang udah bantu bikin dia terkenal juga karena Asako. Motif ini yang diduga bikin si Jirou mau nyelakain Asako.

Sambil ceritanya jalan, biasalah Conan mulai menyelidiki sekitar TKP gitu. Terus dia lihat bekas cengkeraman jari di lengannya Asako, yang katanya itu perbuatan si zombie. Tapi arah bekas jarinya itu gak wajar, kayak dicengkeram sama diri sendiri, bukan orang lain. Nah disitu Conan mulai curiga. Terus dia lanjut nyari bukti-bukti di sekitar TKP. Yang jadi perhatian dia itu ada 3, bekas cengkeraman jari di lengannya Asako, pecahan kaca di dalam topeng zombienya Jirou, sama tumbuhan cocklebur yang nempel di sekitar celana bagian bawahnya Jirou. Terus ada saksi tetangganya Asako di lantai bawah yang ngeliat Jirou naik tangga darurat, tapi belum pakai topeng zombie. Dan ada bekas log panggilan di HP nya Jirou yang nelepon tukang reparasi kunci, tapi si tukang reparasi ngiranya itu salah sambung. Terus Conan nanya Asako dia pergi kemana aja hari ini, Asako bilang gak kemana-mana cuma di rumah aja. Asako juga bilang baru bikin fruit punch gitu di dapurnya pas si zombie datang. Tapi Conan ngeliat ada tanaman cocklebur juga nyangkut di sepatunya Asako. 

Fruit punch

Bekas cengkeraman di lengannya Asako

Pecahan kaca yang nyangkut di topeng zombie

Tanaman cocklebur yang nempel di celananya Jirou

Tanaman cocklebur yang nempel di sepatunya Asako

Singkat cerita, Conan udah dapet semua bukti yang mengarah ke pelaku dan motif sebenarnya. Dia terus bikin Kogoro tidur pakai jarum bius dari jam tangannya dan mulai ngasih deduksinya pakai suara Kogoro. 



Jadi pelaku sebenarnya dari kasus penusukan Jirou tuh memang Asako. Tapi disini ada plot twistnya. Si Asako nusuk Jirou bukan untuk melindungi diri karena kaget dan ketakutan, tapi memang sengaja dan direncanakan......

.....dari mulai Asako dateng ke kantor detektifnya Kogoro buat minta menyelidiki si stalker Numata Keisuke. Dan ternyata si karakter Numata Keisuke ini cuma fiktif alias dibuat-buat doang sama Asako. Foto yang ditunjukkin ke Kogoro juga itu cuma foto lama dan dia cuma ngarang-ngarang cerita. Terus sebenarnya si Asako sore itu keluar ketemu Jirou di taman yang banyak tumbuhan cockleburnya deket apartemennya Asako, dia bilang kalau kunci apartemennya jatoh dan hilang di sekitar taman itu. Terus mereka nyari kunci apartemennya Asako di taman tapi masih belum ketemu. Akhirnya Jirou nelepon tukang reparasi kunci biar pegangan pintunya bisa dibongkar dan ganti sama yang baru, tapi keburu ditutup lagi karena si Asako tiba-tiba sakit jantungnya kambuh. Tapi itu semua cuma aktingnya Asako :(



Terus Asako minta ke Jirou buat ambilin obatnya di apartemen, tapi nyuruh masuknya lewat jendela aja. Si Jirou pasti panik lah dia gak bakal sempet curiga atau mikir yang aneh-aneh karena Asako memang punya penyakit jantung. Nah, buat sampai ke depan jendela apartemen dia itu mesti lewat tangga darurat. Saat itulah si Jirou lewat yang dilihat sama tetangga bawahnya Asako. Pas Jirou lagi naik tangga, si Asako juga pergi ke apartemennya sendiri tapi naik lift, dan otomatis sampainya lebih dulu daripada Jirou. Begitu Jirou buka jendela apartemennya Asako dari luar, kagetlah dia udah lihat Asako di dalem udah megang pisau. Dan begitulah. Si Jirou ditusuk begitu aja sama Asako sampai tewas. Terus Asako bikin TKP jadi seolah-olah si Jirou itu stalker yang mau nyerang dia, dengan pasangin topeng zombie, nyimpen pistol modelan gitu, pecahin kaca jendela, dan ngacak-ngacak barang dia di sekitar TKP. Si pecahan kaca jendela itu sebagian jatuh di rambutnya Jirou. Jadi kalau si Jirou udah duluan pakai topeng sebelum ngebuka jendela, pecahan kacanya gak mungkin ada yang nyangkut ke dalem topeng. Dan fruit punch yang katanya baru dibikin pas si zombie dateng juga sebenarnya udah dibikin duluan sebelum ketemu sama Jirou. Bekas cengkeraman di lengannya Asako itu juga dia sendiri yang bikin. 







Semua skenario sama akting yang dilakuin Asako itu biar Kogoro percaya bahwa Asako nusuk si orang yang pakai topeng zombie ini karena buat melindungi diri. Padahal itu cuma buat menutupi motif dia yang sebenarnya. Ternyata pas Jirou bilang ke manajernya mau keluar dari duo komedi bersolo karir, si Asako ini ga sengaja nguping. Dan setelah manajernya pergi keluar, si Jirou ngomong sendiri sama topengnya sambil ketawa-ketawa bahwa akhirnya dia bisa ninggalin Asako.

Akhirnya Asako mengaku bahwa semua yang dibilang sama Conan -yang pake suara Kogoro- itu benar, dan dia ngebunuh Jirou karena sakit hati si Jirou mau ninggalin dia gitu aja.







Udahan weh habis itu ending song main. Tapi habis ending song ternyata masih ada epilognya............






Ada kiriman paket yang dateng ke apartemennya Asako. Dan pengirimnya adalah Jirou. Di dalem paket itu ada kotak kecil dan juga surat dari Jirou yang isinya.. 











I'm shook.

Jadi ternyata selama ini Jirou tuh cuma akting doang. Semua perkataan dia yang arogan pengen bersolo karir, pengen putus dari Asako itu tuh cuma akting. Buat ngasih surprise berupa lamaran di hari ulang tahunnya Asako. Semua yang ada disitu termasuk manajernya dan Conanpun ga ada yang tahu sama sekali tentang rencana surprise yang dibuat sama Jirou. They are all left shook. Bener-bener ga nyangka kalau ceritanya bakal setragis ini.

Nyesel. Gak ada reaksi lain yang bisa dibuat sama Asako. Tapi nasi udah jadi bubur. Jirou nya udah meninggal, dibunuh sama Asako sendiri karena kesalahpahaman dan prasangka buruknya. Gak tahu deh aku mau berkomentar apa. Sejujurnya ingin berkata kasar sama si Asako, hahaha. 




Merinding gak sih kalau aku merinding banget parah.

Tapi aku jadi sedikit paham bahwa, prasangka buruk itu berbahaya. Kita gak akan benar-benar tahu tentang diri seseorang sekalipun kita mengenal luar dalamnya. Dan ketika prasangka buruk itu diungkapkan, boleh jadi mempengaruhi dan mengubah jalan hidup seseorang yang diprasangkakan tersebut menjadi buruk juga. Jadi, apa ya. Intinya mah kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk selalu berprasangka baik, dan juga selalu berbuat baik kepada siapapun. Hehe


Comments

Popular posts from this blog

Limit (Part 1)

12.38am thoughts